DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di Kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Ciamis Semester Genap Tahun Ajaran 2022/ 2023)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
RAMADAN, ZIDAN
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-08-01 08:38:51 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap minat belajar peserta didik kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Ciamis semester genap tahun ajaran 2022/ 2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Data dikumpulkan menggunakan angket dan lembar observasi. Analisis data menggunakan SPSS versi 26 untuk melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil pengolahan dan analisis data yang didapatkan dari kuisioner yang disebarkan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat pengaruh dari model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap minat belajar Peserta Didik kelas XII MIPA 6. Hasil tersebut didapatkan dari uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test menggunakan aplikasi SPSS versi 26 untuk windows. Hasil dari uji hipotesis didapatkan nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,00, sehingga dapat disimpulkan nilai Asymp.Sig 0,00 < 0,05 (nilai probabilitas). Temuan dilapangan menunjukan adanya peningkatan minat belajar peserta didik ditinjau dari indikator minat belajar peserta didik seperti perasaan senang, keterlibatan Peserta Didik, ketertarikan, serta perhatian peserta didik, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap minat belajar peseta didik kelas XII MIPA 6 SMA Negeri 1 Ciamis. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Teams Games Tournament (TGT), Minat Belajar 
Institution Info

Universitas Siliwangi