Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: kesadaran merek,
diferensiasi produk, penghargaan dan loyalitas nasabah. Pengaruh kesadaran merek,
diferensiasi produk dan penghargaan terhadap loyalitas nasabah pada nasabah Cabang
Tasikmalaya baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode survei. populasi dalam penelitian ini adalah
Nasabah ACC Cabang Tasikmalaya yang berjumlah 6641 nasabah. Pengambilan
sampel diambil secara simple random sampling yaitu sebanyak 380 nasabah. Teknik
analisis data menggunakan Analisis Jalur dengan SPSS V.21. Hasil penelitian secara
parsial menunjukkan kesadaran merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
nasabah, diferensiasi produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, dan
penghargaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Sedangkan secara
simultan kesadaran merek, diferensiasi produk dan penghargaan berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas nasabah.
Kata Kunci : kesadaran merek, diferensiasi produk, penghargaan dan loyalitas
nasabah