Abstract :
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahuiPelaksanaan Standar Operasional
Prosedur (SOP) Customer Service Sebagai Pendukung Kinerja Customer Service.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode
deskriptif dengan teknik pengumpulan data partisipan observasi, wawancara
mendalam serta studi kepustakaan. Jenis Data yang digunakan yaitu data primer
dan data sekunder.Hasil dari penelitian ini yaitu membahas mengenai Standar
Operasional Prosedur adalah bentuk rencana kerja dan sekaligus pedoman dalam
bekerja. Sebagaibuku pedoman kerja yang sudah tertulis secara sistematis dalam
suatu buku pedoman (manual), salah satu hambatan dalam pelaksanaan standar
waktu nasabah yang melebihi batas dengan waktu yang telah ditentukan, standar
penampilan dalam berpakaian customer service tidak berpakaian yang tidak sesuai
dengan standar operasional prosedur (SOP), dan sikap pelayanan Customer
service yang kurang ramah, atau perilaku nasabah yang berbeda-beda dalam
mengajukan komplain.
Katakunci: Pelaksanaan, StandarOperasional Prosedur, Customer Service, Kinerja
Customer Service, Bank.