Abstract :
WIDIANA YOSIKA. 2023. Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel menggunakan Certainty of Response Index
(CRI) ditinjau dari Gaya Belajar. Program Studi Pendidikan Matematika.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi yang terjadi pada peserta
didik dalam materi sistem persamaan linear dua variabel menggunakan Certainty
of Response Index (CRI) ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian menggunakan
penelitian kualitatif dengan metode eksplorasi. Teknik pengumpulana data berupa
penyebaran angket Kolb?s Learning Style Invertory (KLSI), tes uraian disertai CRI
pada materi sistem persamaan linear dua variabel dan wawancara. Instrument
penelitian berupa angket Kolb?s Learning Style Invertory (KLSI) dan soal tes uraian
disertai CRI pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Subjek penelitian
ini merupakan peserta didik kelas IX MTs Mu?min Mashum Kota Tasikmalaya.
Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan mengambil peserta didik yang
mengalami miskonsepsi dari masing masing kelompok gaya belajar. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil
penelitian menunjukan terdapat peserta didik yang memiliki gaya belajar diverger,
asimilator, konverger dan akomodator. Dari keempat kelompok peserta didik
dengan gaya belajar tersebut dua diantaranya mengalami miskonsepsi. Peserta didik
dengan gaya belajar asimilator teridentifikasi miskonsepsi didasarkan pada jawaban
yang salah dan pengisian tabel skala CRI pada skala 4 dan 5. Miskonsepsi yang
teridentifikasi pada peserta didik tersebut diantaranya miskonsepsi tanda negatif,
miskonsepsi pecahan, miskonsepsi operasi dan miskonsepsi persamaan. Peserta
didik tersebut cenderung diam dan memfokuskan diri serta cenderung lebih runtut
dan sistematis dalam mengerjakan tes. Peserta didik dengan gaya belajar konverger
teridentifikasi miskonsepsi didasarkan pada jawaban yang salah dan pengisian tabel
skala CRI pada skala 5. Miskonsepsi yang teridentifikasi pada peserta didik tersebut
diantaranya miskonsepsi operasi, miskonsepsi pecahan dan miskonsepsi pesamaan.
Peserta didik tersebut cenderung sangat fokus dalam menyelesaikan persoalan dan
mengerjakan tanpa memberi jeda untuk beristirahat dengan tanpa mengoreksi
jawaban yang telah tertuang pada lembar jawaban.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Certainty of Response Index (CRI), Gaya Belajar,
Asimilator, Konverger