DETAIL DOCUMENT
MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
YOSIKA, WIDIANA
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2023-07-31 02:46:11 
Abstract :
WIDIANA YOSIKA. 2023. Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel menggunakan Certainty of Response Index (CRI) ditinjau dari Gaya Belajar. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik dalam materi sistem persamaan linear dua variabel menggunakan Certainty of Response Index (CRI) ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan metode eksplorasi. Teknik pengumpulana data berupa penyebaran angket Kolb?s Learning Style Invertory (KLSI), tes uraian disertai CRI pada materi sistem persamaan linear dua variabel dan wawancara. Instrument penelitian berupa angket Kolb?s Learning Style Invertory (KLSI) dan soal tes uraian disertai CRI pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas IX MTs Mu?min Mashum Kota Tasikmalaya. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan mengambil peserta didik yang mengalami miskonsepsi dari masing masing kelompok gaya belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat peserta didik yang memiliki gaya belajar diverger, asimilator, konverger dan akomodator. Dari keempat kelompok peserta didik dengan gaya belajar tersebut dua diantaranya mengalami miskonsepsi. Peserta didik dengan gaya belajar asimilator teridentifikasi miskonsepsi didasarkan pada jawaban yang salah dan pengisian tabel skala CRI pada skala 4 dan 5. Miskonsepsi yang teridentifikasi pada peserta didik tersebut diantaranya miskonsepsi tanda negatif, miskonsepsi pecahan, miskonsepsi operasi dan miskonsepsi persamaan. Peserta didik tersebut cenderung diam dan memfokuskan diri serta cenderung lebih runtut dan sistematis dalam mengerjakan tes. Peserta didik dengan gaya belajar konverger teridentifikasi miskonsepsi didasarkan pada jawaban yang salah dan pengisian tabel skala CRI pada skala 5. Miskonsepsi yang teridentifikasi pada peserta didik tersebut diantaranya miskonsepsi operasi, miskonsepsi pecahan dan miskonsepsi pesamaan. Peserta didik tersebut cenderung sangat fokus dalam menyelesaikan persoalan dan mengerjakan tanpa memberi jeda untuk beristirahat dengan tanpa mengoreksi jawaban yang telah tertuang pada lembar jawaban. Kata Kunci: Miskonsepsi, Certainty of Response Index (CRI), Gaya Belajar, Asimilator, Konverger 
Institution Info

Universitas Siliwangi