Abstract :
FAISAL AKBAR. 2023. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar
Tendangan T dan Sabit Pada Olahraga Pencak Silat Melalui Model
Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray. Jurusan Pendidikan Jasmani,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar teknik
dasar tendangan T dan sabit pada olahraga pencak silat melalui model cooperative
learning tipe two stay two stray pada siswa kelas VIII B SMPN 17 Kota
Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dilakukan 2 siklus. Subjek penelitian siswa kelas VIII B SMPN 17 Kota
Tasikmalaya jumlah laki laki 16 dan perempuan 15 siswa, objek penelitian ini
adalah proses pembelajaran teknik dasar tendangan T dan sabit pada olahraga
pencak silat melalui model cooperative learning tipe two stay two stray. Instrumen
penelitian menerapkan tes observasi dan tes unjuk kerja menggunakan rubrik
penilaian yang terdapat pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
dimaksudkan untuk mengetahui nilai proses. Hasil penelitian menunjukkan
terdapat peningkatan hasil belajar tendangan T dan sabit pada olahraga pencak silat
siswa kelas VIII B SMPN 17 Kota Tasikmalaya dengan menerapkan model
pembelajaran cooperative learning tipe two stay two stray. Setelah penerapan
model cooperative learning tipe two stay two stray pada siswa kelas VIII B
dilakukan dengan 2 siklus hasilnya sebesar 84,15 diatas Kriteria Ketuntasan
Minimum (KKM) yaitu 78. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran melalui
model cooperative learning tipe two stay two stray terbukti dapat meningkatkan
hasil belajar teknik dasar tendangan T dan sabit pada olahraga pencak silat di kelas
VIII B SMPN 17 Kota Tasikmalaya.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray,
Teknik Dasar Tendangan T dan Sabit, Pencak Silat