Abstract :
DANDI MAULANA SIDIK. 2023. Strategi Pengembangan Destinasi Wisata
Ikon Taraju di Desa Taraju Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya.
Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Siliwangi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi Destinasi Wisata Ikon Taraju yang perlu
untuk terus dikembangkan dan ditingkatkan. Destinasi Wisata Ikon Taraju memiliki
berbagai daya tarik wisata untuk dikunjungi. Dalam pengembangannya, Destinasi
Wisata Ikon Taraju telah melakukan upaya pengembangan namun masih terdapat
permasalahan yang dihadapi. Permasalahan utama terkait fasilitas penunjang wisata
dan anggaran/dana dalam pengembangan wisata yang masih terbatas. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah daya tarik wisata Ikon Taraju dan strategi
pengembangan Destinasi Wisata Ikon Taraju di Desa Taraju Kecamatan Taraju
Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi,wawancara, kuisioner, dokumentasi dan studi literatur.
Populasi dalam penelitian ini meliputi 237 KK Masyarakat Dusun Legokhonje,
Kepala Desa Taraju, Ketua Pengelola, serta pengunjung sebanyak 143 orang.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling
sebesar 100% dari Kepala Desa dan Pengelola, teknik simple random sampling
sebesar 10% dari masyarakat dengan jumlah sampel sebanyak 24 orang serta teknik
accidental sampling sebesar 20% dari pengunjung dengan jumlah sampel sebanyak
29 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif sederhana dan
SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa daya tarik wisata Ikon Taraju meliputi
daya tarik wisata alam yaitu pemandangan alam perkebunan teh; dan daya tarik
wisata buatan yang terdiri dari camping family, kedai kopi, spot foto, dan aktivitas
petani petik teh. Strategi pengembangan Destinasi Wisata Ikon Taraju di Desa
Taraju Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya adalah dengan pengembangan
atraksi wisata, pengadaan dan peningkatan fasilitas penunjang wisata, serta
peningkatan kerja sama antar stakeholder dalam mendukung kemajuan destinasi
wisata.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Daya tarik wisata, Destinasi Wisata Ikon
Taraju.