Abstract :
ELIS ANISA HUSNUL YAQIN. 2023. Peningkatan Kemampuan Literasi
Matematis Peserta Didik Melalui Model Project Based Learning. Jurusan Pendidikan
Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematis
peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Project Based Learning serta
bagaimana kemampuan literasi matematis peserta didik yang pembelajarannya
menggunakan model Project Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian Non-equivalent
Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X
IPA SMA Negeri 1 Kawali. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas X IPA 1 sebagai
kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel
menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian
kemampuan literasi matematis peserta didik. Teknik analisis data berupa statistika
deskriptif dan statistika inferensial dengan menganalisis data N-Gain serta hasil posttest
kemampuan literasi matematis peserta didik menggunakan Microsoft Excel dan IBM
SPSS Statistic 25. Uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk, dilanjutkan uji
homogenitas menggunakan Levene?s dan uji dua rata-rata (pihak kanan) menggunakan
Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa
peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik yang menggunakan model
Project Based Learning lebih baik daripada yang menggunakan model Discovery
Learning sehingga model Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan
literasi matematis peserta didik, serta kemampuan literasi matematis peserta didik yang
menggunakan model Project Based Learning berada pada kategori sedang.
Kata kunci: Kemampuan Literasi Matematis, Model Project Based Learning