Abstract :
Sylvia Nur Azizah. 2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN
TANDUR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA
PADA MATERI GELOMBANG BERJALAN DAN GELOMBANG
STASIONER
Permasalahan yang terdapat di SMAN 9 Garut adalah rendahnya kemampuan
pemecahan masalah siswa pada materi gelombang berjalan dan stasioner serta
kurangnya inovasi dalam penerapan model pembelajaran. Rendahnya kemampuan
pemecahan masalah ini ditandai berdasarkan studi pendahuluan yaitu wawancara
dan tes kemampuan pemecahan masalah dengan rerata 17,02. Peneliti menerapkan
model pembelajaran TANDUR dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan
tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TANDUR terhadap
kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi gelombang berjalan dan
stasioner. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan
desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian yang
digunakan adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 9 Garut yang terdiri dari 6 kelas
sebanyak 218 siswa. Peneliti menggunakan teknik cluster random sampling
sebagai pengambilan sampel yang terdiri atas 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 1 yang
berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 5 berjumlah 37 siswa
sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes essay
kemampuan pemecahan masalah sebanyak 9 soal. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), uji hipotesis
serta uji N-gain. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai
yaitu 16,46 > 2,66 berdasarkan skor post-test dan 15,30 > 2,74 berdasarkan
skor rerata N-gain. Artinya pada taraf kepercayaan 99,5% bahwa model
pembelajaran TANDUR berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah
pada materi gelombang berjalan dan stasioner. Selain itu, berdasarkan hasil N?gain diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran TANDUR dapat
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,65 berkategori sedang
dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction yaitu
0,29 berkategori rendah.
Kata Kunci: gelombang berjalan dan gelombang stasioner, kemampuan
pemecahan masalah, model pembelajaran TANDUR.