DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TANDUR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI GELOMBANG BERJALAN DAN GELOMBANG STASIONER
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
AZIZAH, SYLVIA NUR
Subject
QC Physics 
Datestamp
2023-08-01 03:52:57 
Abstract :
Sylvia Nur Azizah. 2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TANDUR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI GELOMBANG BERJALAN DAN GELOMBANG STASIONER Permasalahan yang terdapat di SMAN 9 Garut adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi gelombang berjalan dan stasioner serta kurangnya inovasi dalam penerapan model pembelajaran. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah ini ditandai berdasarkan studi pendahuluan yaitu wawancara dan tes kemampuan pemecahan masalah dengan rerata 17,02. Peneliti menerapkan model pembelajaran TANDUR dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TANDUR terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi gelombang berjalan dan stasioner. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian yang digunakan adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 9 Garut yang terdiri dari 6 kelas sebanyak 218 siswa. Peneliti menggunakan teknik cluster random sampling sebagai pengambilan sampel yang terdiri atas 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 5 berjumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes essay kemampuan pemecahan masalah sebanyak 9 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), uji hipotesis serta uji N-gain. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai yaitu 16,46 > 2,66 berdasarkan skor post-test dan 15,30 > 2,74 berdasarkan skor rerata N-gain. Artinya pada taraf kepercayaan 99,5% bahwa model pembelajaran TANDUR berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi gelombang berjalan dan stasioner. Selain itu, berdasarkan hasil N?gain diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran TANDUR dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,65 berkategori sedang dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction yaitu 0,29 berkategori rendah. Kata Kunci: gelombang berjalan dan gelombang stasioner, kemampuan pemecahan masalah, model pembelajaran TANDUR. 
Institution Info

Universitas Siliwangi