Abstract :
SENI RAHMAWATI, 2023. ?Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem
Solving Terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada
Materi Sistem Koordinasi (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAN 10
Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)? Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
creative problem solving terhadap literasi sains dan hasil belajar kognitif peserta
didik pada materi sistem koordinasi di kelas XI MIPA SMAN 10 Tasikmalaya
tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November sampai
Juli 2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN
10 Tasikmalaya sebanyak enam kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 184
orang. Sampel penelitian di kelas XI MIPA 5 sebanyak 33 orang peserta didik
sebagai kelas eksperimen dan di kelas XI MIPA 4 sebanyak 30 orang peserta didik
sebagai kelas kontrol. Sampel di ambil dengan teknik purposive sampling.
Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes pilihan majemuk literasi
sains dan hasil belajar kognitif pada materi sistem koordinasi. Tes ini berupa soal
sebanyak 12 soal untuk literasi sains dan 32 soal pilihan majemuk untuk hasil
belajar kognitif. Teknik analisis data yang digunakan adalah one way ANOVA
dengan taraf signifikasi ? = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian
hipotesis menunjukan bahwa nilai signifikasi literasi sains dan hasil belajar kognitif
kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap literasi sains dan
hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem koordinasi di kelas XI MIPA
SMAN 10 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023.
Kata kunci : model pembelajaran, creative problem solving, literasi sains, hasil
belajar kognitif