Abstract :
BILQIS BAJILAH ASYA 2023. Pengaruh Penggunaan E-LKPD berbasis Live
Worksheet terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi
Hidrologi Kelas 10 SMAN 1 Tasikmalaya. Jurusan Pendidikan Geografi.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya.
Penggunaan media pada proses pembelajaran geografi di SMAN 1 Tasikmalaya
belum mampu meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Pembaharuan
terhadap media pembelajaran E-LKPD berbasis Live Worksheet dilakukan untuk
menghasilkan media yang interaktif dalam upaya melaksanakan pembelajaran yang
efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media yang
mampu meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMAN 1
Tasikmalaya. Metode penelitian kuantitatif yang digunakan adalah kuasi
eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Sampel
penelitian adalah X-1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 37 orang dan X-7
sebagai kelas kontrol berjumlah 33 orang. Teknik analisis data untuk hasil belajar
kognitif menggunakan uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil analisis lingkungan
belajar langkah-langkah penggunaan E-LKPD berbasis Live Worksheet yakni Plan
(perencanaan), Implement (implementasi) dan evaluate (evaluasi). Hasil penelitian
menunjukan pada kelas eksperimen yang menggunakan media E-LKPD berbasis
Live Worksheet terjadi kenaikan nilai kognitif dengan persentase 52% dengan nilai
rata-rata pretest 51 dan posttest 78. Sedangkan pada kelas kontrol yang
menggunakan LKPD konvensional terjadi kenaikan nilai kognitif dengan persentasi
45% dengan nilai rata-rata pretest 41 dan posttest 60.
Kata Kunci: media pembelajaran, E-LKPD berbasis Live Worksheet, hasil belajar
kognitif