Abstract :
Dini Agustini. 2023. PENGARUH ELEKTRONIK LEMBAR KERJA
PESERTA DIDIK (E-LKPD) BERBASIS MODEL CHILDREN LEARNING
IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM DAN IMPULS
Berdasarkan studi pendahuluan keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh
presentase indikator berpikir kritis sebesar 31% dengan kategori sangat kurang. Ini
berarti bahwa siswa menghadapi masalah dalam pembelajaran dimana saat ini
pendekatan yang digunakan berpusat pada guru sehingga siswa pasif dalam
mengungkapkan gagasannya dikelas. Salah satu upaya mengatasi masalah untuk
membuat siswa pasif menjadi aktif adalah dengan menerapkan E-LKPD berbasis
model Children Learning In Science terhadap keterampilan berpikir kritis karena
dapat melatih keterampilan berpikir kritis melalui pengungkapan gagasan-gagasan
siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh E-LKPD
berbasis model CLIS terhadap keterampilan berpikir kritis pada pokok bahasan
momentum dan impuls. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dengan desain
penelitian posttest only control design. Populasi penelitian ini seluruh kelas X IPA
di SMAN 2 Ciamis sebanyak 7 kelas dengan jumlah siswa 250 orang. Sampel
penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak
2 kelas, yaitu kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai
kelas kontrol, dengan rincian masing-masing kelas berjumlah 36 peserta didik.
Instrumen pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal uraian. Teknik analisis
data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas), dan uji
hipotesis. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikansi (