DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY (ROPES) BERBANTUAN CROCODILE PHYSICS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
MUZIANTI, INTAN KARLINA
Subject
QC Physics 
Datestamp
2023-08-02 01:33:23 
Abstract :
Intan Karlina Muzianti. 2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY (ROPES) BERBANTUAN CROCODILE PHYSICS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMA Negeri 2 Garut diketahui bahwa keaktifan peserta didik masih kurang dan keterampilan berpikir kritis peserta didik tergolong rendah. Selain itu, keterbatasan ruang laboratorium membuat pembelajaran kurang maksimal karena jarang melakukan praktikum. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model pembelajaran Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES). Keterbatasan ruang laboratorium dapat diatasi dengan praktikum melalui crocodile physics. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) berbantuan crocodile physics terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang mekanik di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Garut tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group. Populasi penelitian ini yaitu semua kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Garut sebanyak 9 kelas. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 8 sebagai kelas kontrol. Pengukuran keterampilan berpikir kritis peserta didik dilakukan dengan memberikan tes berupa essai dengan masing-masing soal terdiri dari salah satu indikator berpikir kritis. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi menunjukkan bahwa yang berarti ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ROPES berbantuan crocodile physics berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi gelombang mekanik. Sintaks model ROPES dapat melatihkan dan menguatkan keterampilan berpikir kritis. Indikator yang memberikan kontribusi utama terhadap keterampilan berpikir kritis adalah indikator memberikan penjelasan lanjut dan indikator mengatur strategi taktik. Kata kunci: berpikir kritis, crocodile physics, gelombang mekanik, ROPES 
Institution Info

Universitas Siliwangi