Abstract :
Shaniyah F Rahayu. 2023. PENGARUH MODEL ELICIT CONFRONT
IDENTIFY RESOLVE REINFORCE (ECIRR) BERBANTUAN PHET
SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN MENERAPKAN KONSEP
PESERTA DIDIK PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA
Hasil studi pendahuluan di salah satu SMA Negeri Kota Tasikmalaya diketahui
bahwa kegiatan pembelajaran cenderung berpusat pada guru dengan metode
konvensional, sehingga proses yang menunjang peningkatan kemampuan
menerapkan konsep peserta didik dinilai kurang. Sebuah model pembelajaran
yang menuntut peserta didik untuk melatih dan meningkatkan kemampuan
menerapkan konsep perlu diterapkan sebagai solusi. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Elicit Confront Identify Resolve
Reinforce (ECIRR) berbantuan PhET simulation terhadap kemampuan
menerapkan konsep peserta didik pada materi gelombang cahaya. Metode
Penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian
nonequivalent control group desain. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI
IPA SMA Negeri 10 Tasikmalaya sebanyak 6 kelas dengan jumlah peserta didik
185 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster
random sampling sebanyak dua kelas sampel dengan masing-masing satu kelas
kontrol dan satu kelas eksperimen. Untuk mengukur kemampuan menerapkan
konsep peserta didik dilakukan tes sebelum perlakuan (pre-test) dan setelah diberi
perlakuan (post-test) berbentuk pilihan ganda bertingkat dua dengan jumlah soal
25 butir pada materi gelombang cahaya. Masing-masing soal tersebut mencakup
indikator kemampuan menerapkan konsep. Penelitian ini menggunakan variabel
terikat yaitu kemampuan menerapkan konsep dengan PhET simulation sebagai
bantuan untuk memvisualisasikan materi gelombang cahaya. Hasil perhitungan uji
hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi ( ) diperoleh nilai
lebih besar daripada yaitu 7.85 > 1.671. Artinya pada taraf
kepercayaan 95% dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Elicit Confront
Identify Resolve Reinforce (ECIRR) berbantuan PhET simulation terhadap
kemampuan menerapkan konsep peserta didik pada materi gelombang cahaya.
Kata kunci: kemampuan menerapkan konsep, model ECIRR, PhET simulation,
gelombang cahaya.