Abstract :
Suryani. 192170086. PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING
(PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS
XI IPS PADA MATERI MITIGASI BENCANA DI SMAN 10
TASIKMALAYA. Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Siliwangi, Tasikmalaya.
Program kurikulum 2013 merupakan program yang lebih menekankan
kepada siswa untuk mampu memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi salah
satunya kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
tahapan penerapan model project based learning (PjBL) dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS pada materi Mitigasi Bencana di
SMAN 10 Tasikmalaya, dan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model
project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI
IPS pada materi mitigasi bencana di SMAN 10 Tasikmalaya. Metode penelitian
yang digunakan ialah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent
control group design. Sampel penelitian ini ialah kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS
4 SMAN 10 Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah
purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan bahwa tahapan model
project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif dilakukan
dengan cara memberikan pertanyaan mendasar, membuat perencanaan royek,
membuat jadwal pembuatan proyek, mengawasi kemajuan proyek siswa,
melakukan penilaian, dan evaluasi. Model project based learning (PjBL)
berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. hal tersebut dapat dilihat
dari hasil Uji Wilcoxon 0.000<0,05 maka Ho di tolak dan Ha diterima. Artinya
terdapat perbedaan atau pengaruh dari penerapan model project based learning
(PjBL) terhadap kemampuan berikir kreatif siswa kelas XI IPS pada materi mitigasi
bencana di SMAN 10 Tasikmalaya.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Project Based Learning, Kemampuan
Berpikir Kreatif