DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI IPS PADA MATERI MITIGASI BENCANA DI SMAN 10 TASIKMALAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
SURYANI, SURYANI
Subject
G Geography (General) 
Datestamp
2023-08-02 02:58:26 
Abstract :
Suryani. 192170086. PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI IPS PADA MATERI MITIGASI BENCANA DI SMAN 10 TASIKMALAYA. Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Program kurikulum 2013 merupakan program yang lebih menekankan kepada siswa untuk mampu memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi salah satunya kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan penerapan model project based learning (PjBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS pada materi Mitigasi Bencana di SMAN 10 Tasikmalaya, dan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPS pada materi mitigasi bencana di SMAN 10 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan ialah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini ialah kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 4 SMAN 10 Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan bahwa tahapan model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan mendasar, membuat perencanaan royek, membuat jadwal pembuatan proyek, mengawasi kemajuan proyek siswa, melakukan penilaian, dan evaluasi. Model project based learning (PjBL) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. hal tersebut dapat dilihat dari hasil Uji Wilcoxon 0.000<0,05 maka Ho di tolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan atau pengaruh dari penerapan model project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berikir kreatif siswa kelas XI IPS pada materi mitigasi bencana di SMAN 10 Tasikmalaya. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif 
Institution Info

Universitas Siliwangi