Abstract :
LILIS RATNA SARI. 2023. Analisis Kemampuan Berpikir Lateral Matematik
dalam Menyelesaikan Soal Open Ended ditinjau dari Self Confidence. Jurusan
Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi.
Kemampuan berpikir lateral matematik penting untuk dimiliki peserta didik dalam
menyelesaikan soal matematika, untuk melatih berpikir lateral matematik dapat
dilakukan dengan memberikan permasalahan yang bersifat terbuka dengan kata lain
disebut open ended. Peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan menggunakan
alternatif yang berbeda memerlukan self confidence. Tujuan dari penelitian ini untuk
menganalisis kemampuan berpikir lateral matematik peserta didik dalam menyelesaikan
soal open ended berdasarkan self-confidence. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif, pelaku pada penelitian ini adalah siswa SMP terpadu Darussalam Rajapolah,
Tasikmalaya. Dipilih 4 siswa untuk dijadikan subjek wawancara yang terdiri dari 2
peserta didik dari kategori self confidence tinggi dan 2 peserta didik dari self confidence
rendah. Instrumen yang digunakan adalah angket dan soal tes kemampuan berpikir
lateral. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah subjek dengan self confidence
tinggi mampu menggali ide dominan dari permasalahan yang sedang dihadapi,
memandang permasalahan dengan cara-cara berbeda dan memiliki keluwesan cara
berpikir. Selain itu subjek dengan self confidence tinggi dapat menyelesaikan
permasalahan dengan menggunakan ide-ide acak, teliti, fokus, kreatif dan percaya diri.
Sedangkan subjek dengan self confidence rendah mampu menggali ide dominan dari
permasalahn yang sedang dihadapi dan mencari cara-cara lain dalam memandang
permasalahan. Selain itu subjek dengan self confidence rendah tidak memiliki keluwesan
cara berpikir dan tidak mampu menggunakan ide-ide acak dalam menyelesaikan
permasalahan, tidak teliti, tidak fokus dan tidak percaya diri terhadap jawaban yang
dihasilkan.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Lateral; Open-Ended; Self-Confidence