Abstract :
Asmi Nabila Khumairoh,2023. Pengaruh Keragaman Produk Berlabel Halal,
Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi
Kasus Pada Konsumen Al-Muslim Mart Kawalu Kota Tasikmalaya);
Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas
Siliwangi
Keputusan pembelian adalah kegiatan pemecahan masalah yang dilakukan
konsumen keputusan yang diambil konsumen dalam pemilihan perilaku alternatif
yang sesuai dari dua atau lebih perilaku alternatif dan memilih salah satu
diantaranya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keragaman
produk berlabel halal, promosi dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen
di toko Al-Muslim Mart.
Metode pada penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan
teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket atau
kuesioner dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Populasi dan
sampel dalam penelitian ini adalah konsumen toko Al-Muslim Mart yang berjumlah
100 orang. Teknik analisa data menggunakan koefisien korelasi, koefisien regresi
dan determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) variabel X1 berpengaruh positif
terhadap variabel Y dengan analisis regresi linier sederhana X1 diperoleh Y=
17,442 + 0,620X1 dan koefisien korelasi sebesar 0,543. 2) variabel X2 berpengaruh
positif terhadap variabel Y dengan analisis regresi linier sederhana X2 diperoleh
Y= 24,977 + 0,593X2 dan koefisien korelasi sebesar 0,482. 3) variabel X3
berpengaruh positif terhadap variabel Y dengan analisis regresi linier sederhana X3
diperoleh Y= 20,721 + 0,599X3 dan koefisien korelasi sebesar 0,542. 4) Keragaman
Produk Berlabel Halal,promosi dan Harga secara bersama-sama berpengaruh
positif terhadap keputusan pembelian koefisien korelasi berganda variabel
Keragaman Produk Berlabel Halal (X1) sebesar 0,316, Promosi (X2) sebesar 0,294
dan harga (X3) sebesar 0,301. Berdasarkan uji determinasi menunjukkan besarnya
koefisien determinasi (R2
) diperoleh 0,413, hal tersebut Keragaman Produk
Berlabel Halal (X1), promosi (X2) dan harga (X3) secara bersama-sama
mempengaruhi keputusan pembelian (Y) sebesar 41,3% sisanya sebesar 58,7%
dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan demikian Keragaman Produk Berlabel
Halal, Promosi dan Harga berpengaruh baik secara parsial maupun simultan
terhadap keputusan pembelian di toko Al-Muslim Mart.
Kata Kunci: Keragaman Produk Berlabel Halal, Promosi, Harga, Keputusan
Pembelian