Abstract :
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui besarnya peranan sistem layanan
informasi keuangan Otoritas Jasa Keuangan dalam pemberian kredit pada PT. Bank
Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten KCP Kawalu. Metode Penelitian ini
menggunakan data kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan studi
kepustakaan dan studi lapangan untuk mendeskripsikan tentang peranan sistem
layanan informasi keuangan otoritas jasa keuangan di PT. Bank Pembangunan
Daerah Jawa Barat dan Banten. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SLIK
merupakan sistem informasi yang dikelola oleh OJK untuk mendukung
pelaksanaan tugas pengawasan dan layanan informasi di bidang keuangan. SLIK
berperan besar dalam proses analisa dan bahan pertimbangan dalam keputusan
kredit berupa informasi tambahan mengenai data dan histori kredit debitur.
Terdapat beberapa hambatan yang ditemui dalam penggunaan SLIK salah satunya
dalam pencarian berdasarkan Nomor Identitas (NIK) terdapat hasil muncul 2 nama,
hal ini terjadi karena pelapor dari berbagai Bank yang bersangkutan dengan data
calon debitur tersebut belum diperbaharui. Maka bank harus cermat dan teliti dalam
mengolah data calon debitur serta selalu mengecek kembali kelengkapan dokumen
sebelum mengajukan permohonan kredit.
Kata Kunci : Peran, SLIK, Kredit, Bank