Abstract :
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh harga,
pendapatan konsumen, teman sebaya/pergaulan, varian rasa dan tingkat kepraktisan
terhadap permintaan rokok elektrik di Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif
dengan metode penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling. Data
dikumpulkan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang
dibagikan kepada 150 orang responden yang terdiri dari konsumen vape store di
Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) harga berpengaruh
positif dan signifikan terhadap permintaan rokok elektrik, (2) pendapatan
konsumen tidak berpengaruh signifikan terhadap permintaan rokok elektrik, (3)
teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan rokok
elektrik, dan (4) varian rasa tidak berpengaruh signifikan terhadap permintaan
rokok elektrik, (5) tingkat kepraktisan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
permintaan rokok elektrik, dan (6) harga, pendapatan konsumen, teman
sebaya/pergaulan, varian rasa dan tingkat kepraktisan berpengaruh secara Bersama?sama terhadap permintaan rokok elektrik.
Kata kunci: permintaan, harga, pendapatan konsumen, teman sebaya/pergaulan,
varian rasa, tingkat kepraktisan