Abstract :
Penelitian ini bertujuan: Mengetahui strategi penyelamatan dan
penyelesaian yang dilakukan oleh PT. Bank Pembangunan daerah Jawa barat dan
Banten Tbk kantor cabang Tasikmalaya. Objek penelitian adalah strategi
penyelamatan dan penyelesaian. Responden pada penelitian ini adalah account
officer. Teknik pengumpulan data menggunakan metode penelitian deskriptif
kualitatif dengan teknik wawancara mendalam, dan observasi langsung, dan hasil
penelitian menunjukan bahwa Strategi Penyelamatan yang dilakukan PT. Bank
Pembangunan daerah Jawa Barat dan Banten Tbk kantor cabang
Tasikmalaya.Strategi penyelamatan yang dilakukan adalah melalui mekanisme
penjadwalan kembali, persyaratan kembali, dan restrukturisasi. Strategi
penyelesaian yang dilakukan PT. Bank Pembangunan daerah Jawa barat dan Banten
Tbk kantor cabang Tasikmalaya adalah dengan penjualan agunan, penjualan
piutang, gugatan sederhana, dan penundaan pembayaran. Hambatan yang dihadapi
saat proses penyelamatan dan penyelesaian kredit adalah debitur yang tidak
kooperatif dan debitur yang enggan untuk melepaskan agunanya dan Upaya yang
dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan menjaga hubungan
baik dengan nasabah dan melakukan eksekusi sesuai dengan standar operasional
kerja.
Kata Kunci : Bank, kredit, restrukturisasi, penjadwalan kembali, persyaratan
kembali, strategi penyelamatan dan penyelesaian