Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran
prediction, observation, explanation, elaboration, write and evaluation (POE2WE)
terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dan untuk mengetahui
kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model
pembelajaran prediction, observation, explanation, elaboration, write and evaluation
(POE2WE). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian
eksperimen dengan desain penelitian one-shot case study. Populasi pada penelitian ini
yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya. Sampel penelitian ini
yaitu peserta didik kelas VIII-D dengan pengambilan sampel menggunakan teknik
cluster sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian kemampuan pemahaman
konsep matematis peserta didik. Teknik analisis data berupa statistika deskriptif dengan
menganalisis serta mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik
menggunakan IBM SPSS. Uji yang dilakukan adalah uji proporsional dengan
menggunakan Binomial Test. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa
penggunaan model pembelajaran prediction, observation, explanation, elaboration,
write and evaluation (POE2WE) efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep
matematis peserta didik, serta kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik
yang menggunakan model pembelajaran prediction, observation, explanation,
elaboration, write and evaluation (POE2WE) dengan persentase kategori baik sebesar
76.67%, kategori sedang sebesar 10%, dan kategori kurang sebesar 13,33%.
Kata kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Prediction, Observation, Explanation,
Elaboration, Write and Evaluation (POE2WE), Kemampuan Pemahaman Konsep
Matematis