Abstract :
Saat ini aplikasi mobile dengan penerapan user interface dan user
experience sangat dibutuhkan bagi setiap pengembang aplikasi khususnya klinik
kecantikan HK Beauty Care. Keluhan dari aspek visual dan pengalaman pengguna
yang kurang mengikuti perkembangan zaman menjadi permasalahan baru bagi
website HK Beauty Care. Oleh sebab itu, aspek User Interface dan User Experience
dalam pengembangan sebuah aplikasi mobile memiliki peran yang penting dengan
tujuan agar user merasakan kenyamanan dalam melakukan aktivitas dari fitur yang
disediakan. Pada penelitian ini, teori golden ratio diterapkan kedalam user interface
dan user experience mobile apps HK Beauty Care dengan Design Thinking sebagai
metode yang digunakan dalam perancangan prototype ini. Metodologi penelitian
yang digunakan antara lain tahap Empathize, tahap Define, tahap Ideate, tahap
Prototype dan tahap Testing dimana dilakukan penerapan teori Golden Ratio pada
metodologi penelitian tersebut. Hasil akhir yaitu user testing menggunakan User
Experience Questionnaire (UEQ) terhadap 24 responden untuk website HK Beauty
Care dan 19 responden untuk testing mobile HK Beauty Care yang menghasilkan
kenaikan dari 6 skala UEQ yaitu Daya Tarik, Kejelasan, Efisiensi, Ketepatan,
Stimulasi, dan terakhir khususnya skala Kebaruan yang memiliki kenaikan dari
UEQ website HK Beauty Care sebesar -0,073 menjadi 0,819. Skala tersebut
merupakan satu-satunya skala yang memiliki impresi negative diawal dan berhasil
dievaluasi pada penelitian ini menjadi impresi positif.
Kata Kunci : Golden Ratio, Design Thinking, User Interface, User Experience,
User Experience Questionnaire