Abstract :
Siti Nurhalimah. 2023. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN
FOCUS EXPLORE REFLECT APPLY (FERA) BERBANTUAN MEDIA
CROCODILE PHYSICS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN
BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan pembelajaran yang cenderung
berpusat pada guru sehingga kurang dapat melatih keterampilan berpikir kritis
siswa pada materi gelombang bunyi. Upaya yang dilakukan peneliti untuk
mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran
Focus Explore Reflect Apply (FERA) berbantuan media crocodile physics. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Focus
Explore Reflect Apply (FERA) berbantuan media crocodile physics terhadap
keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gelombang bunyi dan untuk
mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis pada siswa setelah
diimplementasikan model pembelajaran Focus Explore Reflect Apply (FERA)
berbantuan media crocodile physics pada materi gelombang bunyi di kelas XI IPA
SMA Negeri 1 Cihaurbeuti. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi
experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design,
populasi penelitian ini seluruh kelas XI IPA sebanyak 7 kelas dengan jumlah
siswa sebanyak 250 orang, dengan teknik sampling purposive yang dipilih
sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2
sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa
dilakukan tes sebelum perlakuan (pretest) dan setelah diberi perlakuan (posttest)
berbentuk essay dengan jumlah soal 9 butir pada materi gelombang bunyi. Soal
essay tersebut mencakup 5 indikator keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis
data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas), dan uji
hipotesis (uji t). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi (