DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN FOCUS EXPLORE REFLECT APPLY (FERA) BERBANTUAN MEDIA CROCODILE PHYSICS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
NURHALIMAH, SITI
Subject
QC Physics 
Datestamp
2023-08-03 04:37:41 
Abstract :
Siti Nurhalimah. 2023. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN FOCUS EXPLORE REFLECT APPLY (FERA) BERBANTUAN MEDIA CROCODILE PHYSICS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru sehingga kurang dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gelombang bunyi. Upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Focus Explore Reflect Apply (FERA) berbantuan media crocodile physics. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Focus Explore Reflect Apply (FERA) berbantuan media crocodile physics terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gelombang bunyi dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis pada siswa setelah diimplementasikan model pembelajaran Focus Explore Reflect Apply (FERA) berbantuan media crocodile physics pada materi gelombang bunyi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Cihaurbeuti. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design, populasi penelitian ini seluruh kelas XI IPA sebanyak 7 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 250 orang, dengan teknik sampling purposive yang dipilih sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa dilakukan tes sebelum perlakuan (pretest) dan setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk essay dengan jumlah soal 9 butir pada materi gelombang bunyi. Soal essay tersebut mencakup 5 indikator keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji t). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi ( 
Institution Info

Universitas Siliwangi