Abstract :
HANI FITRIA DEWI. 2023. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dalam
Menyelesaikan Ill Structured Problems Ditinjau dari Beliefs Mathematics Peserta
Didik. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Siliwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa jauh kemampuan penalaran
matematis peserta didik dalam menyelesaikan ill structured problems ditinjau dari beliefs
mathematics. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif.
Subjek penelitian melibatkan 3 peserta didik kelas VIII-K SMP Negeri 1 Tasikmalaya
kategori beliefs mathematics tinggi, sedang, dan rendah, serta dapat menyelesaikan soal
penalaran ill structured problems. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian
angket beliefs mathematics, tes kemampuan penalaran ill structured problems, subjek
terpilih diwawancarai untuk mengetahui lebih mendalam kemampuan penalarannya.
Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan
kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peserta didik
kategori beliefs mathematics tinggi mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan
penalaran matematis, serta dapat merespon keautentikan, kompleksitas, dan keterbukaan
ill structured problems; 2) peserta didik kategori beliefs mathematics sedang mampu
menyatakan informasi secara lengkap, mampu mengajukan dua strategi penyelesaian,
tidak dapat mengeksplor strategi dengan tepat, mampu menemukan pola dan
memanipulasi matematika, tidak mampu membuktikan dan memeriksa jawaban, serta
tidak mampu menarik kesimpulan dengan tepat, hal tersebut menunjukkan peserta didik
sudah mampu merespon keautentikan, namun kurang mampu merespon kompleksitas
dan keterbukaan ill structured problem; 3) peserta didik kategori beliefs mathematics
rendah mampu menyatakan informasi secara lengkap, hanya mengajukan satu strategi
dan tidak dapat mengeksplor strategi dengan tepat, mampu menemukan pola, keliru
dalam melakukan perhitungan, tidak mampu membuktikan dan memeriksa jawaban,
serta tidak mampu menarik kesimpulan dengan tepat, hal tersebut menunjukkan bahwa
peserta didik sudah mampu merespon keautentikan, namun kurang mampu merespon
kompleksitas dan keterbukaan ill structured problems.
Kata kunci: Analisis, Kemampuan Penalaran Matematis, Ill Structured Problems,
Beliefs Mathematics