Abstract :
EVA NURAENI. 2023. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau Dari
Gaya Belajar Honey Mumford. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis ditinjau
dari gaya belajar Honey Mumford. Metode yang digunakan eksplorasi. Penelitian ini
dilaksanakan di kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Pelita Bangsa Mangunjaya.
Subjek dalam penelitian ini 4 orang peserta didik dari setiap tipe gaya belajar Honey
Mumford. Teknik pengumpulan data terdiri dari penyebaran angket gaya belajar Honey
Mumford, tes kemampuan representasi matematis dan wawancara. Instrumen penelitian
yang digunakan meliputi angket gaya belajar Honey Mumford dan soal tes kemampuan
representasi matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,
penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Kemampuan
representasi matematis peserta didik yang memiliki gaya belajar aktivis subjek tidak
mampu merepresentasikan permasalahan ke dalam representasi gambar, simbol dan
bahasa. (2) Kemampuan representasi matematis peserta didik yang memiliki gaya belajar
reflektor subjek mampu merepresentasikan permasalahan ke dalam representasi gambar
dan bahasa. (3) Kemampuan representasi matematis peserta didik yang memiliki gaya
belajar teoris subjek mampu merepresentasikan permasalahan ke dalam representasi
gambar, simbol dan bahasa (4) Kemampuan representasi matematis peserta didik yang
memiliki gaya belajar pragmatis subjek mampu merepresentasikan permasalahan ke
dalam representasi gambar.
Kata kunci: Kemampuan representasi matematis, gaya belajar Honey Mumford, Jarak
Antara Titik Ke Garis