Abstract :
ANDI MULYADI. 2023. PENGARUH MODEL PROJECT BASED
LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN
KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM (Studi
Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan
Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi,
Tasikmalaya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model project based
learning terhadap hasil belajar dan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas X
MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya pada materi Ekosistem. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Mei 2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu
Quasi Experimen dengan desain the matching-only posttest-only control group
design. Populasi dalam penelitian adalah kelas X MIPA SMA Negeri 8
Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 186 siswa dan terdiri dari 5
kelas X MIPA. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling,
diperoleh kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai
kelas kontrol. Proses pembelajaran di kelas kontrol menggunakan model
discovery learning. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar dengan
jumlah 30 soal pilihan majemuk dan non-tes menggunakan angket Collaboration
Self-Asessment Tool (CSAT) dengan 44 item pernyataan. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu Uji One Way Anova. Berdasarkan hasil analisis data secara
parsial dan simultan, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model project based
learning terhadap hasil belajar dan keterampulan kolaborasi peserta didik pada
materi ekosistem di kelas X MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran
2022/2023.
Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar, Keterampilan Kolaborasi