DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
MULYADI, ANDI
Subject
QH301 Biology 
Datestamp
2023-08-03 08:18:41 
Abstract :
ANDI MULYADI. 2023. PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar dan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya pada materi Ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimen dengan desain the matching-only posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian adalah kelas X MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 186 siswa dan terdiri dari 5 kelas X MIPA. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Proses pembelajaran di kelas kontrol menggunakan model discovery learning. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar dengan jumlah 30 soal pilihan majemuk dan non-tes menggunakan angket Collaboration Self-Asessment Tool (CSAT) dengan 44 item pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji One Way Anova. Berdasarkan hasil analisis data secara parsial dan simultan, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar dan keterampulan kolaborasi peserta didik pada materi ekosistem di kelas X MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar, Keterampilan Kolaborasi 
Institution Info

Universitas Siliwangi