Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Leverage, pertumbuhan
perusahaan, kepemilikan institusional, dan nilai perusahaan pada perusahaan
barang konsumen primer periode 2017-2021 (2) Pengaruh leverage, pertumbuhan
perusahaan, dan kepemilikan institusional secara parsial serta simultan terhadap
nilai perusahaan pada perusahaan barang konsumen primer periode 2017-2021.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Perusahaan Barang Konsumen Primer
yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunkan dalam penelitian ini
adalah kuantitatif dengan pendekatan survei dan metode analisis menggunakan
regresi data panel. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik purposive
sampling dan memperoleh sampel sebanyak 13 perusahaan. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa: (1) Leverage, pertumbuhan perusahaan,kepemilikan
institusional dan nilai perusahaan mengalami kenaikan dan penurunan pada
perusahaan barang konsumen primer periode 2017-2021. (2) secara parsial leverage
berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, secara parsial
pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai
perusahaan, secara parsial kepemilikan institusional berpengaruh negatif tidak
signifikan terhadap nilai perusahaan dan secara simultan leverage, pertumbuhan
perusahaan dan kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap nilai
perusahaan.
Kata Kunci: Leverage, pertumbuhan perusahaan, kepemilikan institusional, nilai
perusahaan