Abstract :
REZA WILDAN ENDANG PURA. 2023. Analisis Kesalahan Siswa dalam
Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman ditinjau dari Gaya
Belajar. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Siliwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas X
SMK MJPS 2 Tasikmalaya dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi
barisan dan deret berdasarkan prosedur newman ditinjau dari gaya belajar. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metodologi penelitian deskriptif.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis soal cerita
matematika dan wawancara. Subjek penelitian ini berjumlah 3 siswa yaitu siswa yang
melakukan kesalahan terbanyak berdasarkan indikator kriteria kesalahan Newman. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas X SMK
MJPS 2 Tasikmalaya dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi barisan
dan deret berdasarkan prosedur newman ditinjau dari gaya belajar yaitu: (1) Kesalahan
pada tahap pemahaman dilakukan oleh subjek gaya belajar visual dan kinestetik, hal ini
terjadi karena siswa salah dalam menulis yang diketahui atau yang ditanyakan.
Kesalahan pada tahap transformasi dilakukan oleh subjek dengan gaya belajar auditori
dan kinestetik, hal ini terjadi karena siswa melakukan kesalahan dalam menulis model
matematika. Kesalahan pada tahap keterampilan proses dilakukan oleh subjek dengan
gaya belajar auditori dan kinestetik, kesalahan ini terjadi karena siswa menggunakan
proses yang salah atau siswa mendapatkan jawaban yang salah. Kesalahan pada tahap
mengkode atau penulisan jawaban dilakukan oleh semua siswa, hal ini terjadi karena
siswa salah dalam menuliskan kesimpulan; (2) Faktor penyebab siswa melakukan
kesalahan yaitu siswa tidak memahami konsep materi dan konsep materi, siswa tergesa?gesa dalam melakukan perhitungan, siswa tidak memahami maksud soal, siswa mengira?ngira dalam menyelesaikan soal dan kesalahan siswa pada satu tahapan dapat
dipengaruhi oleh kesalahan pada tahap sebelumnya.
Kata kunci: Soal Cerita Barisan dan Deret, Analisis Kesalahan Newman, Gaya Belajar.