DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
PURA, REZA WILDAN ENDANG
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2023-08-03 08:20:29 
Abstract :
REZA WILDAN ENDANG PURA. 2023. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman ditinjau dari Gaya Belajar. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas X SMK MJPS 2 Tasikmalaya dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi barisan dan deret berdasarkan prosedur newman ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metodologi penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis soal cerita matematika dan wawancara. Subjek penelitian ini berjumlah 3 siswa yaitu siswa yang melakukan kesalahan terbanyak berdasarkan indikator kriteria kesalahan Newman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas X SMK MJPS 2 Tasikmalaya dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi barisan dan deret berdasarkan prosedur newman ditinjau dari gaya belajar yaitu: (1) Kesalahan pada tahap pemahaman dilakukan oleh subjek gaya belajar visual dan kinestetik, hal ini terjadi karena siswa salah dalam menulis yang diketahui atau yang ditanyakan. Kesalahan pada tahap transformasi dilakukan oleh subjek dengan gaya belajar auditori dan kinestetik, hal ini terjadi karena siswa melakukan kesalahan dalam menulis model matematika. Kesalahan pada tahap keterampilan proses dilakukan oleh subjek dengan gaya belajar auditori dan kinestetik, kesalahan ini terjadi karena siswa menggunakan proses yang salah atau siswa mendapatkan jawaban yang salah. Kesalahan pada tahap mengkode atau penulisan jawaban dilakukan oleh semua siswa, hal ini terjadi karena siswa salah dalam menuliskan kesimpulan; (2) Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu siswa tidak memahami konsep materi dan konsep materi, siswa tergesa?gesa dalam melakukan perhitungan, siswa tidak memahami maksud soal, siswa mengira?ngira dalam menyelesaikan soal dan kesalahan siswa pada satu tahapan dapat dipengaruhi oleh kesalahan pada tahap sebelumnya. Kata kunci: Soal Cerita Barisan dan Deret, Analisis Kesalahan Newman, Gaya Belajar. 
Institution Info

Universitas Siliwangi