Abstract :
VITTA OKTAVINA ABDILLAH. 2023. Pengaruh Pendekatan Metaphorical
Thinking Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Resiliensi
Matematis Peserta Didik. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan metaphorical thinking
terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan resiliensi matematis peserta didik dan
mengetahui persentase kemampuan berpikir kritis matematis dan resiliensi matematis
peserta didik yang menggunakan pendekatan metaphorical thinking. Metode yang
digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain untuk kemampuan berpikir kritis
matematis yaitu Pretest-Posttest Control Group Design dan untuk resiliensi matematis
yaitu Posttest Only Contol Design. Populasi pada penelitian yaitu seluruh peserta didik
kelas VIII SMP Negeri 1 Tasikmalaya. Sampel pada penelitian yaitu peserta didik kelas
VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Teknik sampel
menggunakan random assignment. Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian
kemampuan berpikir kritis matematis dan angket resiliensi matematis. Teknik analisis
data berupa statistika deskripstif dan statistika inferensial dengan menganalisis serta
mengukur kemampuan berpikir kritis matematis dan resiliensi matematis peserta didik
mengguakan IBM SPSS Statistik 24. Uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk, uji
homogenitas menggunakan Levene?s, uji perbedaan rata-rata (pihak kanan)
menggunakan Independent Sample T-Test, dan uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil
analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan metaphorical
thinking terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan resiliensi matematis peserta
didik. Kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dengan pendekatan
metaphorical thinking dalam kategori tinggi 40,625%, sedang 40,625%, rendah 18,75%,
dan rerata skor secara keseluruhan 58% dalam kategori sedang. Resiliensi matematis
peserta didik dengan pendekatan metaphorical thinking dalam kategori tinggi 25%,
sedang 59,375%, rendah 15,625%, dan rerata skor secara keseluruhan 69,35% dalam
kategori sedang.
Kata kunci: Pendekatan Metaphorical Thinking, Kemampuan Berpikir Kritis
Matematis, Resiliensi Matematis