Abstract :
NELLY HENDRAYANTI 2023.. KORELASI ANTARA KECERDASAN
EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI
BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi
Korelasi di Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran
2022/20230). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kecerdasan
emosional terhadap prestasi belajar, korelasi antara minat belajar terhadap prestasi
belajar dan korelasi antara kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap
prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran biologi. Metode yang digunakan
adalah kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Kota
Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 dengan populasinya adalah seluruh kelas XI
MIPA yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 178 peserta didik dan sampel
diambil dari kelas XI MIPA 1 dengan jumlah 35 peserta didik yang diambil
berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data ini dengan 2
cara, meminta data nilai yang diperoleh dari guru biologi berupa nilai UAS di
semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 dan menggunakan instrumen angket
kecerdasan emosional sebanyak 17 butir pernyataan dan instrumen angket minat
belajar sebanyak 22 butir pernyataan yang dibagikan kepada kelas sampel. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosional
terhadap prestasi belajar, terbukti dari hasil nilai signifikansi 0,005 < 0,05 dengan
koefisien korelasi sebesar 0,468 artinya memiliki hubungan yang sedang. Adanya
hubungan antara minat belajar terhadap prestasi belajar, terbukti dari hasil nilai
signifikansi 0,010 < 0,05 dengan koefisiensi sebesar 0,430 artinya memiliki
hubungan yang sedang. Adanya hubungan antara kecerdasan emosional dan minat
belajar terhadap prestasi belajar, terbukti dari hasil nilai signifikansi 0,002 < 0,05
dengan koefisiensi sebesar 0,574 artinya memiliki hubungan yang sedang.
Disimpulkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosional dan minat belajar
terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi di kelas XI
MIPA SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional; Minat belajar; Prestasi Belajar