Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor internal
perusahaan yaitu kekuatan dan kelemahan yang dimiliki, serta mendeskripsikan dan
menganalisis faktor eksternal perusahaan yaitu peluang dan ancaman yang akan
dihadapi perusahaan.Mengetahui strategi priotas terbaik pada Rahyang Beans.
Metode penelitian ini menggunakan studi kasus dengan pembahasan dilakukan
secara deskriptif kualitatif. Teknik penentuan responden menggunakan porposive.
Penelitian ini dilakukan di Kp. Cipanas RT/RW 001/006 Desa Margamukti
Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Alat analisis yang digunakan yaitu
analisis SWOT dan analisis QSPM. Lingkungan internal yang menjadi kekuatan
adalah ketekunan pemilik dalam mengelola usaha, kualitas kopi yang baik dan
specialty, keadaan alam yang mendukung untuk budidaya kopi, mempunyai lahan
yang luas. Sedangkan yang menjadi kelemahan adalah belum mempunyai fasilitas
pasca panen yang menunjang, penerapan sistem informasi manajemen yang masih
sederhana, belum mampu melakukan ekspor secara mandiri. Lingkungan eksternal
yang menjadi peluang adalah pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin
membaik, perubahan gaya hidup / lifestyle masyarakat, permintaan kopi tinggi,
kemajuan teknologi. Sementara yang menjadi ancaman adalah banyak pesaing?pesaing baru, bantuan pemerintah yang tidak merata dan tidak tepat sasaran,
produktifitas kopi menurun atau bahkan sampai gagal panen. Alternatif strategi
yang dipilih berdasarkan dari matriks QSPM adalah meningkatkan produktifitas
kopi dengan skor 6.997
Kata Kunci: strategi , agribisnis, kopi, SWOT, QSPM