Abstract :
NDRI ADHANI. 2023. UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR
ANALISIS PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN
PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI
(Studi Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1
Jatiwaras). Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Dr. H. Yoni
Hermawan., M.Pd dan Gugum Gumilar, M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 1
Jatiwaras yaitu rendahnya kemampuan berpikir analisis peserta didik. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir analisis
peserta didik dengan mengggunakan model problem based learning pada mata
pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan
desain menggunakan noequivalent control group design, serta teknik pengumpulan
data melalui tes berbentuk esai. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas XI
IPS di SMA Negeri 1 Jatiwaras pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 165
pesera didik. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 1 yang berjumlah 33 orang
sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 2 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas
eksperimen dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive.
Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat peningkatan kemampuan
berpikir analisis peserta didik dengan menggunakan model problem based learning,
diketahui Ha diterima jika nilai sig. (2-tailed) ? 5% atau 0,05 dan berdasarkan hasil
penelitian diperoleh nilai sig. (2-tailed)sebesar 0.000 < 0,005. Rata ? rata skor kelas
eksperimen yang diperoleh yaitu 87,38 sedangkan rata-rata skor kelas kontrol yaitu
78,54, dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model
problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta
didik.
Kata Kunci : Berpikir Analisis, Problem Based Learning