Abstract :
Novia Nissya Prawesty. 2023. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap
Kejenuhan Belajar Serta Implikasinya Pada Hasil Belajar Siswa Mata
Pelajaran Ekonomi (Survey pada Siswa Kelas XII IPS MAN 3 Tasikmalaya
Tahun Ajaran 2022/2023). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Edi
Fitriana Afriza, S.Pd,M.M. dan Iis Aisyah, S.Pd,M.Pd.
Masalah dalam penelitian yaitu mengenai hasil belajar yang rendah pada mata
pelajaran ekonomi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan
sekolah terhadap kejenuhan belajar serta implikasinya pada hasil belajar siswa mata
pelajaran ekonomi. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian survey
dengan pendekatan kuantitatif, melalui desain eksplanatori. Populasi dalam
penelitian ini sebanyak 136 siswa, dengan menggunakan teknik sampling jenuh.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat pengaruh antara lingkungan sekolah
terhadap kejenuhan belajar, variabel lingkungan sekolah terhadap hasil belajar,
variabel kejenuhan belajar terhadap hasil belajar. Selain itu, terdapat pengaruh
antara variabel lingkungan sekolah terhadap hasil belajar melalui kejenuhan belajar.
Dalam penelitian ini menggunakan dua persamaan yaitu, lingkungan sekolah (X)
terhadap kejenuhan belajar (Z), serta lingkungan sekolah (X) dan kejenuhan belajar
(Z) terhadap hasil belajar (Y). Dan kontribusi pengaruh tidak langsung yaitu sebesar
97,1% lebih besar dari pengaruh langsungnya yaitu sebesar 83,1%.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Kejenuhan Belajar, Lingkungan Sekolah