DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS PERSUASI SERTA MENYAJIKAN TEKS PERSUASI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
Sonjania, Sonjania
Subject
P Philology. Linguistics 
Datestamp
2023-08-04 06:41:28 
Abstract :
Sonjania. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Terhadap Kemampuan Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Persuasi serta Menyajikan Teks Persuasi (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi serta menyajikan teks persuasi (eksperimen pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023). Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen sungguhan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini peserta didik kelas VIII J yang berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII I yang berjumlah 28 orang sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen (VIII J) pada KD 3.14 mencapai 46,32 (pre-test) dan 86,82 (post-test). Sedangkan pada KD 4.14 nilai rata-rata mencapai 55,71 (pre-test) dan 74 (post-test). Nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik kelas kontrol (VIII I) pada KD 3.14 mencapai 42,86 (pre-test) dan 81,96 (post-test). Sedangkan pada KD 4.14 nilai rata-rata mencapai 52,64 (pre-test) dan 68,07 (post-test). Peningkatan nilai rata-rata pre-test dan post-test yang diperoleh peserta didik pada KD 3.14 di kelas eksperimen mencapai 0,7529 sedangkan di kelas kontrol mencapai 0,6805. Peningkatan nilai rata?rata pre-test dan post-test pada KD 4.14 di kelas eksperimen mencapai 0,4114 sedangkan di kelas kontrol mencapai 0,3186. Berdasarkan uji Wilcoxon diketahui bahwa Whitung (0) < Wtabel (89,89) dalam taraf signifikansi 0,01, artinya model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi serta menyajikan teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 
Institution Info

Universitas Siliwangi