Abstract :
Sonjania. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team
Assisted Individualization) Terhadap Kemampuan Menelaah Struktur dan
Kebahasaan Teks Persuasi serta Menyajikan Teks Persuasi (Eksperimen
pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran
2022/2023). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap kemampuan menelaah
struktur dan kebahasaan teks persuasi serta menyajikan teks persuasi (eksperimen pada
peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023). Metode
penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen sungguhan. Teknik
pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara,
dan teknik tes. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri
6 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini peserta didik kelas VIII
J yang berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII I yang berjumlah
28 orang sebagai kelas kontrol.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh peserta
didik kelas eksperimen (VIII J) pada KD 3.14 mencapai 46,32 (pre-test) dan 86,82
(post-test). Sedangkan pada KD 4.14 nilai rata-rata mencapai 55,71 (pre-test) dan 74
(post-test). Nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik kelas kontrol (VIII I) pada KD
3.14 mencapai 42,86 (pre-test) dan 81,96 (post-test). Sedangkan pada KD 4.14 nilai
rata-rata mencapai 52,64 (pre-test) dan 68,07 (post-test). Peningkatan nilai rata-rata
pre-test dan post-test yang diperoleh peserta didik pada KD 3.14 di kelas eksperimen
mencapai 0,7529 sedangkan di kelas kontrol mencapai 0,6805. Peningkatan nilai rata?rata pre-test dan post-test pada KD 4.14 di kelas eksperimen mencapai 0,4114
sedangkan di kelas kontrol mencapai 0,3186.
Berdasarkan uji Wilcoxon diketahui bahwa Whitung (0) < Wtabel (89,89) dalam
taraf signifikansi 0,01, artinya model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted
Individualization) berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menelaah
struktur dan kebahasaan teks persuasi serta menyajikan teks persuasi pada peserta didik
kelas VIII SMP Negeri 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023