DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MENURUT DAVID KOLB
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
FAUZIAH, NISA HUSNI
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2023-08-07 01:39:20 
Abstract :
Nisa Husni Fauziah. 2023. Analisis Kemampuan Abstraksi Matematis ditinjau dari Gaya Belajar menurut David Kolb. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan abstraksi matematis peserta didik ditinjau dari gaya belajar menurut David Kolb. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik eksplorasi untuk mengetahui, menggambarkan, mendeskripsikan serta menganalisis kemampuan abstraksi matematis peserta didik yang ditinjau dari gaya belajar diverger, gaya belajar konverger, gaya belajar akomodator dan gaya belajar assimilator. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan angket gaya belajar, tes kemampuan abstraksi matematis dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket gaya belajar Kolb Learning Style Inventory dan soal tes kemampuan abstraksi matematis berupa 1 buah soal uraian. Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik kelas VIII D SMP Al-Halim Kabupaten Garut. Kemampuan abstraksi matematis dengan gaya belajar diverger mampu mentransformasi masalah ke dalam simbol, membuat persamaan yang setara, mengaitkan suatu konsep dengan konsep lain, membuat generalisasi dan membuat persamaan yang sesuai dengan situasi yang diberikan tidak ditulis pada lembar jawaban karena merasa paham dan mengerti cara mengerjakannya. Kemampuan abstraksi matematis dengan gaya belajar konverger mampu memahami semua indikator kemampuan abstraksi matematis walaupun pada indikator membuat generalisasi terlihat tidak menghitung pada lembar jawaban karena jawaban yang didapatkan hanya melihat apa yang ditanyakan sesuai dengan apa yang sudah dibeli dari permasalahan pada soal. Kemampuan abstraksi matematis dengan gaya belajar akomodator memahami semua indikator kemampuan abstraksi matematis walaupun pada indikator membuat persamaan sesuai dengan situasi yang diberikan tidak menuliskan persamaan pada lembar jawaban namun mampu menyelesaikan permasalahan dengan mensubstitusikan harga baju dan celana terhadap jawaban yang sudah didapatkan. Kemampuan abstraksi matematis dengan gaya belajar assimilator memenuhi semua indikator kemampuan abstraksi matematis. Kata kunci: Kemampuan Abstraksi, Gaya Belajar, David Kolb 
Institution Info

Universitas Siliwangi