Abstract :
Nisa Husni Fauziah. 2023. Analisis Kemampuan Abstraksi Matematis ditinjau
dari Gaya Belajar menurut David Kolb. Jurusan Pendidikan Matematika.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan abstraksi matematis
peserta didik ditinjau dari gaya belajar menurut David Kolb. Metode yang
digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik eksplorasi untuk mengetahui,
menggambarkan, mendeskripsikan serta menganalisis kemampuan abstraksi
matematis peserta didik yang ditinjau dari gaya belajar diverger, gaya belajar
konverger, gaya belajar akomodator dan gaya belajar assimilator. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan angket gaya belajar, tes
kemampuan abstraksi matematis dan wawancara. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah angket gaya belajar Kolb Learning Style Inventory dan soal tes
kemampuan abstraksi matematis berupa 1 buah soal uraian. Penelitian ini dilakukan
kepada peserta didik kelas VIII D SMP Al-Halim Kabupaten Garut. Kemampuan
abstraksi matematis dengan gaya belajar diverger mampu mentransformasi masalah
ke dalam simbol, membuat persamaan yang setara, mengaitkan suatu konsep
dengan konsep lain, membuat generalisasi dan membuat persamaan yang sesuai
dengan situasi yang diberikan tidak ditulis pada lembar jawaban karena merasa
paham dan mengerti cara mengerjakannya. Kemampuan abstraksi matematis
dengan gaya belajar konverger mampu memahami semua indikator kemampuan
abstraksi matematis walaupun pada indikator membuat generalisasi terlihat tidak
menghitung pada lembar jawaban karena jawaban yang didapatkan hanya melihat
apa yang ditanyakan sesuai dengan apa yang sudah dibeli dari permasalahan pada
soal. Kemampuan abstraksi matematis dengan gaya belajar akomodator
memahami semua indikator kemampuan abstraksi matematis walaupun pada
indikator membuat persamaan sesuai dengan situasi yang diberikan tidak
menuliskan persamaan pada lembar jawaban namun mampu menyelesaikan
permasalahan dengan mensubstitusikan harga baju dan celana terhadap jawaban
yang sudah didapatkan. Kemampuan abstraksi matematis dengan gaya belajar
assimilator memenuhi semua indikator kemampuan abstraksi matematis.
Kata kunci: Kemampuan Abstraksi, Gaya Belajar, David Kolb