Abstract :
Menelaah serta menyajikan teks persuasi merupakan salah satu kompetensi
dasar yang harus dipelajari oleh peserta didik kelas VIII SMP/MTs berdasarkan
kurikulum 2013 revisi. Untuk mencapai kompetensi dasar tersebut diperlukan
komponen pembelajaran. Model pembelajaran terlibat dan terintegrasi dengan
komponen pembelajaran seperti tujuan, metode, dan evaluasi. Salah satu model
pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran teks persuasi yakni model
pembelajaran Problem Based Learning.
Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui kesignifikanan pengaruh model
pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan menelaah struktur dan
kebahasaan serta menyajikan teks persuasi pada peserta didik kelas VIII MTs Nurul
Falah Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan
yakni metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik
wawancara, teknik observasi, dan teknik tes. Populasi penelitian ini yakni peserta
didik kelas VIII MTs Nurul Falah Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Sampel
penelitian yakni kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai
kelas kontrol.
Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas
eksperimen pada pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yakni
32,05 (pretest) dan 81,65 (posttest). Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas
eksperimen pada pembelajaran menyajikan teks persuasi yakni 52,25 (pretest) dan
80,95 (posttest). Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas kontrol pada
pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yakni 34,20 (pretest)
dan 64,60 (posttest). Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas kontrol pada
pembelajaran menyajikan teks persuasi yakni 55 (pretest) dan 71,50 (posttest). Hasil
uji Wilcoxon menunjukkan nilai Sig 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa
hipotesis penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Problem Based
Learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menelaah struktur dan
kebahasaan teks persuasi pada peserta didik kelas VIII MTs Nurul Falah Kota
Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023