DETAIL DOCUMENT
KAJIAN LEARNING OBSTACLE PADA MATERI RASIO TRIGONOMETRI SMA KELAS X
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
MA’LA, SIDQI YAJIDIL
Subject
Q Science (General) 
Datestamp
2023-08-07 04:58:50 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji learning obstacle atau hambatan belajar yang dialami peserta didik pada materi rasio trigonometri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan proses triangulasi, yakni menyatukan data dari hasilpengujian instrumen, observasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah soaltes identifikasi learning obstacle. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-A SMA Plus Pst. AMANAH Tasikmalaya. Penelitian ini diawali dengan mengidentifikasi hambatan belajar (learning obstacle) terkait dengan materi kelas X konsep rasio trigonometri. Mengidentifikasi hambatan belajar tersebut dengan cara uji instrumen soal kepada peserta didik. Data dianalisis dengan respon peserta didik tentang instrumen yang diberikan, respon peserta didik dikategorikan ke dalam beberapa kategori, dianalisis kausalitas hambatan belajar untuk membuat rancangan alternatif desain didaktis. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya dua jenis hambatan belajar (hambatan epistimologis) yaitu : (1) Tipe 1: Learning obstacle terkait konsep materi dan prosedur penyelesaian soal. (2) Tipe 2 : Learning obstacle terkait pemecahan masalah dan koneksi dengan konsep metematika dalam menyelesaikan masalah kontekstual. Rancangan desain materi trigonometri disusun berdasarkan hambatan belajar yang teridentifikasi. Kata kunci: Hambatan Epistimologis, Learning Obstacle, Rasio Trigonometri 
Institution Info

Universitas Siliwangi