DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
PANGESTU, MUHAMMAD FAWEZ
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2023-08-07 05:00:45 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesulitan peserta didik pada materi Segiempat dan Segitiga ditinjau dari kemampuan spasial. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan spasial. Subjek yang diambil adalah peserta didik kelas VIII SMPN 17 Tasikmalaya yang mengerjakan semua indikator kemampuan spasial, melakukan kesalahan, dan dapat berkomunikasi dengan baik. Teknik analisis data yang digunakan antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Diperoleh hasil penelitian: (1) S-5 mengalami kesulitan menggunakan prinsip dan menyelesaikan masalah verbal pada indikator spatial relation dan spatial orientation ditandai tidak dapat menyusun bangun datar dengan tepat, menentukan ukuran sisi persegi dan persegi panjang yang terbentuk, menemukan kekeliruan, dan memahami soal. Pada pembelajaran di kelas S-5 aktif bertanya, mudah memahami materi jika menggunakan alat peraga, tetapi kurang teliti mengerjakan soal. (2) S-8 mengalami kesulitan menggunakan konsep, prinsip, dan menyelesaikan masalah verbal pada indikator spatial orientation ditandai tidak dapat membedakan istilah panjang dan lebar dari persegi panjang, menentukan ukuran sisi persegi yang terbentuk, menemukan kekeliruan, dan memahami soal. Pada pembelajaran di kelas S-8 aktif bertanya, mudah memahami materi jika disajikan dalam gambar, dan teliti mengerjakan soal. (3) S-24 mengalami kesulitan menggunakan prinsip dan menyelesaikan masalah verbal pada indikator spatial relation dan spatial orientation ditandai tidak dapat menyusun bangun datar dengan tepat, menentukan ukuran sisi persegi dan persegi panjang, menemukan kekeliruan, dan memahami soal. Pada pembelajaran di kelas S-24 aktif bertanya, mudah memahami materi jika menggunakan alat peraga, tetapi kurang teliti mengerjakan soal. Kata kunci: Analisis, Kesulitan Peserta Didik, Segiempat dan Segitiga, Kemampuan Spasial 
Institution Info

Universitas Siliwangi