DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN TUGAS SUPERITEM BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Sindangkasih Tahun Pelajaran 2017/2018
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
NISRINA P, HANA
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2023-08-07 05:00:49 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan tugas Superitem berdasarkan Taksonomi SOLO terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik (2) Disposisi matematik peserta didik terhadap penggunaan tugas Superitem berdasarkan Taksonomi SOLO. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh perserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sindangkasih. Sampel diambil 2 kelas secara acak, terambil yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 38 orang yang diberi pembelajaran dengan tugas Superitem berdasarkan Taksonomi SOLO dan kelas VII D sebagai kelas control dengan jumlah 36 orang yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan penyebaran angket disposisi matematik peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan angket disposisi matematik. Teknis analisis yang digunakan yaitu uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil pengujian, pengolahan dan analisisi data diperoleh kesimpulan: (1) Ada pengaruh penggunaan tugas Superitem berdasarkan Taksonomi SOLO terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik. (2) Disposisi matematik peserta didik terhadap pengunaan tugas Superitem berdasarkan Taksonomi SOLO termasuk kategori tinggi. Keyword: Superitem, Taksonomi SOLO, Kemampuan pemecahan masalah matematik, dan Disposisi matemat 
Institution Info

Universitas Siliwangi