Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan tugas
Superitem berdasarkan Taksonomi SOLO terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematik peserta didik (2) Disposisi matematik peserta didik terhadap
penggunaan tugas Superitem berdasarkan Taksonomi SOLO. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasinya adalah
seluruh perserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sindangkasih. Sampel diambil 2
kelas secara acak, terambil yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan
jumlah 38 orang yang diberi pembelajaran dengan tugas Superitem berdasarkan
Taksonomi SOLO dan kelas VII D sebagai kelas control dengan jumlah 36 orang
yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran langsung. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan pemecahan masalah
matematik dan penyebaran angket disposisi matematik peserta didik. Instrumen
yang digunakan yaitu soal tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan
angket disposisi matematik. Teknis analisis yang digunakan yaitu uji perbedaan
dua rata-rata. Berdasarkan hasil pengujian, pengolahan dan analisisi data
diperoleh kesimpulan: (1) Ada pengaruh penggunaan tugas Superitem berdasarkan
Taksonomi SOLO terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik peserta
didik. (2) Disposisi matematik peserta didik terhadap pengunaan tugas Superitem
berdasarkan Taksonomi SOLO termasuk kategori tinggi. Keyword: Superitem, Taksonomi SOLO, Kemampuan pemecahan masalah
matematik, dan Disposisi matemat