Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran, fungsi, biaya, keuntungan,
margin pemasaran, farmer?s share, dan efisiensi pemasaran ikan nila. Metode
penelitian menggunakan metode survey, penentuan responden dengan snowball
sampling terdiri dari 1 orang pedagang besar dan 4 orang pedagang pengecer.
Penelitian dilakukan di Cibunigeulis Farm dari bulan Oktober 2022 sampai Juli
2023. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat dua saluran pemasaran, yaitu:
Saluran I: Pembudidaya ? Pedagang Besar ? Pedagang Pengecer ? Konsumen
Akhir, Saluran II: Pembudidaya ? Pedagang Pengecer ? Konsumen Akhir.
Fungsi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang besar di saluran pemasaran I
yaitu fungsi pembelian, penjualan, transportasi, penyimpanan, pembiayaan, serta
informasi pasar. Pedagang pengecer di saluran I melakukan fungsi pembelian,
penjualan, transportasi, pembiayaan, penanggungan risiko serta informasi pasar.
Sedangkan untuk fungsi pemasaran yang dilakukan pedagang pengecer di saluran
II yaitu fungsi pembelian, penjualan, transportasi, penyimpanan, pembiayaan,
serta informasi pasar. Biaya saluran pemasaran I dan II yaitu sebesar Rp2.266,34
dan Rp.2.838,65 Keuntungan saluran pemasaran I dan II yaitu sebesar Rp7.733,66
dan Rp3.161,35. Margin pemasaran saluran I dan II yaitu sebesar Rp10.000 dan
Rp6.000. Farmer?s Share pada masing-masing saluran I dan II adalah sebesar
68,75 persen dan 80,65 persen. Saluran I dan II sudah efisien.
Kata Kunci: Saluran Pemasaran, Efisiensi Pemasaran, Ikan Nila Nirwana.