DETAIL DOCUMENT
ANALISIS SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN IKAN NILA NIRWANA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
Setiawan, Adinda Putri Nabiilah
Subject
S Agriculture (General) 
Datestamp
2023-08-10 02:38:22 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran, fungsi, biaya, keuntungan, margin pemasaran, farmer?s share, dan efisiensi pemasaran ikan nila. Metode penelitian menggunakan metode survey, penentuan responden dengan snowball sampling terdiri dari 1 orang pedagang besar dan 4 orang pedagang pengecer. Penelitian dilakukan di Cibunigeulis Farm dari bulan Oktober 2022 sampai Juli 2023. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat dua saluran pemasaran, yaitu: Saluran I: Pembudidaya ? Pedagang Besar ? Pedagang Pengecer ? Konsumen Akhir, Saluran II: Pembudidaya ? Pedagang Pengecer ? Konsumen Akhir. Fungsi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang besar di saluran pemasaran I yaitu fungsi pembelian, penjualan, transportasi, penyimpanan, pembiayaan, serta informasi pasar. Pedagang pengecer di saluran I melakukan fungsi pembelian, penjualan, transportasi, pembiayaan, penanggungan risiko serta informasi pasar. Sedangkan untuk fungsi pemasaran yang dilakukan pedagang pengecer di saluran II yaitu fungsi pembelian, penjualan, transportasi, penyimpanan, pembiayaan, serta informasi pasar. Biaya saluran pemasaran I dan II yaitu sebesar Rp2.266,34 dan Rp.2.838,65 Keuntungan saluran pemasaran I dan II yaitu sebesar Rp7.733,66 dan Rp3.161,35. Margin pemasaran saluran I dan II yaitu sebesar Rp10.000 dan Rp6.000. Farmer?s Share pada masing-masing saluran I dan II adalah sebesar 68,75 persen dan 80,65 persen. Saluran I dan II sudah efisien. Kata Kunci: Saluran Pemasaran, Efisiensi Pemasaran, Ikan Nila Nirwana. 
Institution Info

Universitas Siliwangi