DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR PEMBANGUN CERITA PENDEK DAN MENGONSTRUKSI CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAP (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
Ramadhani, Suci Surya
Subject
P Philology. Linguistics 
Datestamp
2023-08-10 02:39:00 
Abstract :
Sesuai dengan kurikulum 2013 revisi, pembelajaran bahasa Indonesia merupakan pembelajaran berbasis teks. Ada beberapa teks yang harus dikuasai oleh peserta didik salah satunya teks cerita pendek pada kompetensi dasar 3.9 dan 4.9. namun pada kenyataannya di SMA Negeri 8 Tasikmalaya, khususnya kelas XI IPS 2, banyak peserta didik yang belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran mind map meningkatkan kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun dan mengonstruksi cerita pendek pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 8 Tasikmalaya. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menerapkan observasi, wawancara, serta tes. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus kesatu pada aspek pengetahuan terdapat peserta didik yang belum mampu mencapai KKM sebanyak 12 orang (41%) dan peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 17 orang (59%), pada aspek keterampilan terdapat peserta didik yang belum mampu sebanyak 11 orang (38%) dan peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 18 orang (62%). Pada siklus kedua, baik pada aspek pengetahuan maupun aspek keterampilan seluruh peserta didik sebanyak 29 orang (100%) sudah mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 68. Hasil uji normalitas data nilai menganalisis unsur-unsur pembangun dan mengonstruksi cerita pendek pada siklus kesatu dan siklus kedua data berdistribusi tidak normal, sehingga untuk menghitung uji beda digunakan uji Wilcoxon, hasil uji Wilcoxon menunjukan bahwa hasil W (hitung) (0) < W (tabel) (0,01). Berdasarkan data di atas, menunjukan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Artinya, model pembelajaran mind map dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun dan mengonstruksi cerita pendek pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022 
Institution Info

Universitas Siliwangi