Abstract :
Motivasi sangat penting yang wajib dimiliki oleh peserta didik, Maka dengan itu,
kreativitas diperlukan seorang pendidik buat mengembangkan proses kegiatan
belajar. Karena untuk menumbuhkan motivasi yang ada pada peserta didik itu sendiri
harus aktif dalam menjalankan pembelajaran. Tujuan peneliti ini yaitu untuk
mengetahui dan mendeskripsikan motivasi peserta didik paket B di PKBM Cerdik
Madewangi Kelurahan Semulya Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu
pendidik dan peserta didik di PKBM Cerdik. Pengumpulan data dilakukan dengan
tiga metode yaitu : observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa : 1) Motivasi belajar peserta didik paket B dengan adanya
dorongan, tujuan, kebutuhan dan keinginan dapat melanjutkan ke jenjang sekolah
formal yang sudah diimpikan oleh peserta didik. 2) Upaya pendidik dalam
meningkatkan motivasi belajar peserta didik paket B bertujuan untuk menanamkan
rasa percaya diri peserta didik untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan
pembelajaran di PKBM Cerdik, lebih rajin dalam mengikuti pembelajaran, peserta
didik juga diperkenankan untuk bertanya jika ada pembelajaran yang tidak di
mengerti ketika pembelajaran sedang dilaksanakan, pendidik juga selalu memberikan
hadiah, pujian jika peserta didik mendapatkan hasil yang baik dalam
pembelajarannya, pendidik juga selalu memberikan dukungan motivasi kepada
peserta didik atas apa yang peserta didik inginkan. Simpulan upaya pendidik dalam
meningkatkan motivasi belajar selalu memberikan dukungan motivasi dan semangat
kepada peserta didik untuk berkembang lebih baik lagi dalam kegiatan belajarnya.
Kata Kunci: upaya pendidik, motivasi belajar