Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan konteks jenis olahraga yang
diikuti siswa dan menghasilkan learning trajectory siswa dalam pembelajaran
himpunan melalui model pembelajaran creative problem solving berbantuan
geogebra. Metode penelitian ini menggunakan Design Research (DR), yang
meliputi 3 tahapan: preparing for the experiment, design experiment, dan
retrospective analysis. Penelitian diawali dengan kajian literatur dan merancang
HLT. Rancangan pembelajaran disusun berdasarkan HLT yang selanjutnya
diujicobakan melalui 2 tahap, yaitu pilot experiment dan teaching experiment.
Analisis retrospektif dilakukan pada masing-masing tahap dengan membandingkan
antara HLT awal dengan actual learning trajectory. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi untuk mengamati dan mencatat beberapa hal penting
berkaitan dengan aktivitas pembelajaran serta kondisi lingkungan yang terjadi,
merekam kegiatan pembelajaran untuk memperoleh data mengenai aktivitas siswa
pada saat design experiment, memberikan LKPD sebagai bahan belajar siswa dalam
menentukan dan memahami konsep dari himpunan, memberikan soal tes evaluasi
serta melakukan wawancara. Penelitian ini dilakukan kepada siswa SMP Negeri 11
Tasikmalaya kelas VII-B pada tahap pilot experiment dan VII-E pada tahap
teaching experiment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran konteks
jenis perlombaan olahraga yang diikuti siswa dapat membantu mempermudah
siswa untuk membangun konsep dasar dalam menentukan operasi himpunan. Selain
itu, dihasilkan learning trajectory yang dapat membantu siswa dalam memahami
konsep materi himpunan khususnya operasi himpunan, dengan konteks jenis
perlombaan olahraga yang diikuti siswa melalui model pembelajaran creative
problem solving berbantuan geogebra.
Kata kunci: Design Research, Himpunan, Creative Problem Solving, Geogebra,
Learning Trajectory