Abstract :
Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas X
SMA/MA menurut Kurikulum 2013 revisi yaitu kompetensi dasar 3.17 Menganalisis
unsur pembangun puisi, serta 4.17 Menulis puisi dengan memperhatikan unsur
pembangunnya. Meskipun demikian, di MA BPI Baturompe Kota Tasikmalaya
belum semua peserta didik menguasai kompetensi dasar tersebut. Oleh karena itulah
penulis melakukan penelitian tindakan kelas (PTK).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model
pembelajaran Kunjung Karya meningkatkan kemampuan menganalisis unsur
pembangun dan menulis teks puisi pada peserta didik kelas X IPS 1 MA BPI
Baturompe Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi
dan teknik tes. Sumber data penelitian adalah peserta didik kelas X IPS 1 MA BPI
Baturompe Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah peserta didik
27 orang yang tediri atas 13 orang peserta didik laki-laki dan 14 orang peserta didik
perempuan.
Berdasarkan hasil pengolahan data pada siklus kesatu, diketahui bahwa pada
siklus kesatu dalam aspek pengetahuan 3.17 terdapat 14 peserta didik (51,85%) yang
belum mencapai KKM dan 13 peserta didik (48,15%) yang telah mencapai KKM dari
standar KKM 75. Dalam aspek keterampilan 4.17 terdapat 19 peserta didik
(70,37%) yang belum mencapai KKM dan 8 peserta didik (29,63%) peserta didik
yang telah mencapai KKM. Pada siklus kedua, seluruh peserta didik (100%) telah
mencapai KKM. Dari hasil uji wilcoxom diketahui nilai w hitung lebih kecil dari w
tabel (119,1) dengan taraf signifiansi 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis
dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Kunjung Karya
dapat mengingkatkan kemampuan menganalisis unsure pembangun dan menulis puisi
pada peserta didik kelas X MA BPI Baturompe Kota Tasikmlaya Tahun Ajaran 2022/
2023