Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses berpikir peserta didik dalam memecahkan
masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian Florence Littauer (Sanguinis, Koleris,
Melankolis, Phlegmatis). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode
penelitian eksploratif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal pemecahan masalah
matematika, pengisian angket tipe kepribadian Florence Littauer, dan wawancara tidak
terstruktur. Instrumen yang diberikan berupa soal tes pemecahan masalah matematika dan
angket tipe kepribadian Florence Littauer. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik
yang memenuhi empat tahapan pemecahan masalah matematika dan memperoleh hasil
dominan pada masing-masing tipe kepribadian berdasarkan hasil angket tipe kepribadian
Florence Littauer. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data,
dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir peserta didik dalam
memecahkan masalah matematika dengan tipe kepribadian sanguinis, koleris, melankolis
dan phlegmatis pada tahapan memahami masalah mampu mengetahui apa yang diketahui
dan ditanyakan dalam soal sesuai dengan masing-masing kepribadian, pada tahapan
mengembangkan rencana mampu membuat model matematika dan menentukan metode
penyelesaian yang akan digunakan. Pada tahapan melaksanakan rencana mampu
melaksanakan rencana sesuai dengan rencana yang ditentukan menggunakan cara yang
berbeda untuk masing-masing kepribadian, pada tahapan memeriksa kembali mampu
memberikan kesimpulan dengan jawaban yang benar, tipe kepribadian sanguinis dan koleris
dapat menemukan alternatif penyelesaian yang lain.
Kata kunci: Proses Berpikir, Pemecahan Masalah Matematika, Tipe Kepribadian Florence
Littauer