DETAIL DOCUMENT
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SYARIAH DI TOKO RAFI CRAFT RAJAPOLAH TASIKMALAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
Amalia, Raissa
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2023-08-08 06:30:32 
Abstract :
Rafi Craft telah melakukan dua metode promosi yaitu offline dan online strategi promosi yang dijalankan belum mencapai apa yang diharapkan, tentu ini sangat berbahaya untuk kegiatan usaha kedepannya karena promosi merupakan ujung tombak dari sebuah perusahaan untuk melakukan pemasaran. Hal tersebut berkaitan dengan strategi inti dan bauran pemasaran yang diterapkan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran syariah yang dilakukan oleh Toko Rafi Craft dalam menjalankan usahanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu pemilik perusahaan ,karyawan dan konsumen Toko Rafi Craft dengan peneliti sendiri sebagai instrumen utama penelitiannya. Untuk menguji kredibilitas data dilakukan dengan metode triangulasi sumber data. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman, dimana penelitian ini dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas. Hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan oleh penulis mengenai Analisis Strategi Pemasaran Syariah di Toko Rafi Craft, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran mesti koheren, itu berarti bahwa tidak hanya elemen-elemen bauran pemasaran yang mesti konsisten satu sama lain, tetapi juga harus dilandasi pada dan konsisten dengan strategi inti yaitu STP (Segmentation, Targeting, Positioning). Produk yang dihasilkan sudah sesuai dengan kualitas yang dibutuhkan. Harga jual yang ditetapkan disesuaikan dengan daya beli konsumen tanpa merusak harga produk di pasaran. Tempat produksi dan saluran distribusi yang aman. Namun promosi secara online yang belum optimal karena kekurangan SDM, akan tetapi kekurangan tersebut dapat ditutupi oleh promosi yang dilakukan secara offline yang sudah dilakukan dengan optimal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penerapan strategi pemasaran inti melalui segmentation, targeting dan positioning serta penerapan bauran pemasaran pada Toko Rafi Craft sudah sesuai dengan ketentuan syariah. Dimulai pada tahap produksi, penetapan harga, pemasaran, sampai pendistribusian produk berdasarkan ketentuan syariah. Dengan prinsip yang diterapkan tersebut, tujuan perusahaan untuk mendapat keuntungan dan meraih keberkahan dapat tercapai. Kata Kunci: Strategi Pemasaran Syariah, STP, Marketing Mix 
Institution Info

Universitas Siliwangi