Abstract :
Rafi Craft telah melakukan dua metode promosi yaitu offline dan online
strategi promosi yang dijalankan belum mencapai apa yang diharapkan, tentu ini
sangat berbahaya untuk kegiatan usaha kedepannya karena promosi merupakan
ujung tombak dari sebuah perusahaan untuk melakukan pemasaran. Hal tersebut
berkaitan dengan strategi inti dan bauran pemasaran yang diterapkan perusahaan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran syariah yang
dilakukan oleh Toko Rafi Craft dalam menjalankan usahanya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan
data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu pemilik
perusahaan ,karyawan dan konsumen Toko Rafi Craft dengan peneliti sendiri
sebagai instrumen utama penelitiannya. Untuk menguji kredibilitas data dilakukan
dengan metode triangulasi sumber data. Dalam penelitian ini menggunakan teknik
analisis data model Miles and Huberman, dimana penelitian ini dilakukan secara
interaktif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas.
Hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan oleh penulis mengenai
Analisis Strategi Pemasaran Syariah di Toko Rafi Craft, dapat disimpulkan bahwa
strategi pemasaran mesti koheren, itu berarti bahwa tidak hanya elemen-elemen
bauran pemasaran yang mesti konsisten satu sama lain, tetapi juga harus dilandasi
pada dan konsisten dengan strategi inti yaitu STP (Segmentation, Targeting,
Positioning). Produk yang dihasilkan sudah sesuai dengan kualitas yang
dibutuhkan. Harga jual yang ditetapkan disesuaikan dengan daya beli konsumen
tanpa merusak harga produk di pasaran. Tempat produksi dan saluran distribusi
yang aman. Namun promosi secara online yang belum optimal karena kekurangan
SDM, akan tetapi kekurangan tersebut dapat ditutupi oleh promosi yang dilakukan
secara offline yang sudah dilakukan dengan optimal.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penerapan strategi
pemasaran inti melalui segmentation, targeting dan positioning serta penerapan
bauran pemasaran pada Toko Rafi Craft sudah sesuai dengan ketentuan syariah.
Dimulai pada tahap produksi, penetapan harga, pemasaran, sampai pendistribusian
produk berdasarkan ketentuan syariah. Dengan prinsip yang diterapkan tersebut,
tujuan perusahaan untuk mendapat keuntungan dan meraih keberkahan dapat
tercapai.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran Syariah, STP, Marketing Mix