Abstract :
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bauran
pemasaran tandamata gold, hambatan bauran pemasaran tandamata gold, dan solusi
dari hambatan dalam bauran pemasaran tandamata gold pada PT. Bank BJB Kantor
Cabang Ciamis. Penelitian yang digunakan menggunakan penelitian kualitatif yang
didukung oleh sumber data primer, sekunder. Teknik pengumpulan data yang
digunakan wawancara mendalam untuk memperoleh informasi mengenai strategi
bauran pemasaran tabungan tandamata gold pada PT. Bank BJB KC Ciamis,
kemudian menggunakan studi kepustakaan yakni memperoleh informasi dari
sumber buku ilmiah atau sumber lainnya yang berkaitan dengan objek penelitian.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bagaimana PT. Bank BJB KC Ciamis
menjalankan Peranan strategi bauran pemasaran dengan berbagai hambatan yang
disertai dengan solusi dalam strategi bauran pemasaran tabungan tandamata gold.
Fokus utama penelitian ini yaitu bagaimana PT. Bank BJB KC Ciamis memasarkan
produk tabungan tandamata gold yang merupakan rencana yang menyeluruh,
terpadu dan menyatu dibidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang
kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu
perusahaan.
Kata Kunci: Strategi, Bauran pemasaran, Tabungan, Bank