Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif
berbantuan Macromedia Flash 8 untuk melatih kemampuan pemecahan masalah
matematik peserta didik. Metode penelitian menggunakan Research & Development
(R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan
Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara semi
terstruktur dan penyebaran serta pengisian kuesioner. Instrumen penelitian yang
digunkaan yaitu lembar kisi-kisi wawancara serta kuesioner untuk penilaian kelayakan
dan mengetahui respon peserta didik. Data penelitian ini diperoleh dari dua ahli materi
(penilaian kualitas isi dan tujuan), dua ahli media (penilaian kualitas teknis), dan peserta
didik kelas IX SMP Negeri 14 Tasikmalaya. Prosedur pengembangan dengan tahapan
Analysis-Design-Development-Development (Revision 1)-Implementation-Evaluation.
Produk telah dinilai sangat layak oleh ahli materi dan ahli media, peserta didik merespon
sangat baik, serta dinilai dapat melatih kemampuan pemecahan masalah matematik.
Penelitian ini menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif pada materi teorema
pythagoras yang bisa digunakan pada PC/laptop.
Kata kunci: Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif, Macromedia Flash 8,
Research & Development, ADDIE, Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis