Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan digibook bangun ruang sisi lengkung
berbasis Flip PDF Professional untuk mengeksplor kemampuan pemecahan masalah
peserta didik, mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik
setelah menggunakan digibook bangun ruang sisi lengkung berbasis Flip PDF
Professional dan mengetahui efektivitas kemampuan pemecahan masalah peserta didik
setelah menggunakan digibook bangun ruang sisi lengkung berbasis Flip PDF
Professional. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D)
dengan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu Analyze, Design, Development,
Implementation dan Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru
matematika, 5 orang peserta didik yang diambil dari kelas sembilan diluar kelas IX B, 2
orang ahli materi, 2 orang ahli media dan 32 orang peserta didik kelas IX B SMP Negeri
2 Cikijing. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi,
wawancara, angket dan tes kemampuan pemecahan masalah. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media,
angket respon pengguna, dan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan
hasil penelitian dan pengembangan pada tahap analyze peneliti melakukan analisis
kebutuhan materi dan media. Pada tahap design peneliti membuat flowchart dan
storyboard, merancang instrumen tes, menyusun lembar validasi ahli materi dan ahli
media, membuat angket respon pengguna. Pada tahap develop peneliti menghasilkan
produk yang telah dirancang, melakukan uji ahli kepada ahli materi dan ahli media dengan
hasil validasi berada pada kategori ?sangat layak digunakan? serta melakukan ujicoba produk
kepada 3 orang guru matematika dan 5 orang peserta didik di luar kelas IX-B dan
memperoleh respon positif dengan kategori ?sangat baik?. Pada tahap implement, digibook
diterapkan dalam kegiatan pembelajaran kepada 32 orang peserta didik kelas IX-B SMPN 2
Cikijing. Pada tahap evaluate diketahui kemampuan pemecahan masalah setelah
menggunakan digibook bangun ruang sisi lengkung berbasis Flip PDF Professional
sebanyak 8 orang atau 25% peserta didik berada pada kategori ?Tinggi?. Selanjutnya
sebanyak 20 orang atau 62,5% peserta didik berada pada kategori ?Sedang?. Terakhir
yaitu sebanyak 4 orang atau 12,5% peserta didik berada pada kategori ?Rendah?.
Presentase indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu pada indikator memahami
masalah sebesar 93,1%, indikator merencanakan strategi penyelesaian sebesar 92,5%,
indikator menerapkan strategi penyelesaian sebesar 73,6%, dan indikator memeriksa
kembali hasil yang diperoleh sebesar 36,6%. Hasil pengujian Effect Size (ES) diperoleh
nilai 1,70 dengan kategori ?Strong Effect?. Respon pengguna terhadap digibook bangun
ruang sisi lengkung berbasis Flip PDF Professional ini positif dengan kategori sangat
baik. Dengan demikian digibook bangun ruang sisi lengkung berbasis Flip PDF
Professional yang dikembangkan layak digunakan untuk mengeksplor kemampuan
pemecahan masalah peserta didik.
Kata Kunci : Digibook, Flip PDF Professional, Kemampuan Pemecahan masalah