DETAIL DOCUMENT
PENGARUH WORD OF MOUTH (WOM) DAN FASILITAS TERHADAP MINAT SANTRI MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN LITERASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Nurul A’laa Tasikmalaya)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
Fauziah, Neng Siti
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2023-08-10 02:41:59 
Abstract :
Saat ini bank syariah sedang mengalami kemajuan ditandai dengan banyaknya pembukaan cabang baru. Namun minat masyarakat untuk menabung di bank syariah masih kurang. Bank syariah harus bisa meningkatkan strategi pemasaran supaya bank syariah lebih cepat dikenal masyarakat. Berdasarkan studi pendahuluan santri yang sudah menggunakan bank syariah mengetahui keberadaan bank syariah dari temannya. Word of mouth sangat berpengaruh terhadap cepatnya penyebaran informasi suatu produk. Seseorang yang merasa puas akan kualitas atau pelayanan suatu produk di bank syariah akan merekomendasikannya kepada orang?orang disekitarnya. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh word of mouth (WOM) dan fasilitas terhadap minat menabung melalui literasi pada santri Pondok Pesantren Nurul A?laa Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan SmartPLS 3.0. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah santri Pondok Pesantren Nurul A?laa sebanyak 101 responden. Analisis data dan uji hipotesis yang digunakan yaitu outer model dan inner model. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa word of mouth (WOM) dan fasilitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap literasi, word of mouth (WOM) dan fasilitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menabung, literasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menabung, word of mouth (WOM) dan fasilitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menabung melalui literasi. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai R-Square variabel literasi sebesar 51,6% dan pada nilai R-Square kedua yaitu variabel word of mouth dan fasilitas memiliki pengaruh terhadap minat menabung sebesar 70,9%. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai tersebut moderat karena lebih dari 0.50. Kata kunci: Word of Mouth, Fasilitas, Literasi, Minat Menabung. 
Institution Info

Universitas Siliwangi