Abstract :
Salah satu komponen penunjang keberhasilan pembelajaran adalah penerapan model
pembelajaran yang tepat atau sesuai dengan bahan ajar dan karakteristik peserta didik. Hasil
observasi di SMP Negeri 2 Tasikmalaya menunjukkan bahwa guru bahasa Indonesia belum
menerapkan model pembelajaran yang cocok dengan bahan ajar. Salah satu model
pembelajaran yang belum diterapkan adalah model pembelajaran Jigsaw.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran
Jigsaw terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks drama. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen. Sedangkan, teknik penelitian ini menggunakan teknik
observasi, wawancara, dan tes.
Berdasarkan hasil penelitian, gain ternomalisasi yang terjadi sebesar 0,8 pada
pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks drama di kelas eksperimen menunjukkan
peningkatan yang tinggi. Sedangkan, gain ternomalisasi yang terjadi sebesar 0,7 pada
pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks drama di kelas kontrol menunjukkan
peningkatan yaitu sedang.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan nilai rata-rata antara pretest dan
posttest dalam kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks drama pada kelas eksperimen
dan kelas kontrol. Nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen dalam mengidentifikasi
unsur-unsur teks drama memperoleh nilai yaitu 58,12 dan setelah mendapat perlakuan
menggunakan model pembelajaran Jigsaw memperoleh nilai rata-rata posttest yaitu 89,62.
Sedangkan nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks
drama memperoleh nilai yaitu 50 dan setelah mendapat perlakuan menggunakan model
pembelajaran PBL (Problem Based Learning) memperoleh nilai rata-rata posttest yaitu
84,84. Selanjutnya, hasil uji normalitas data semua nilai X hitung lebih besar dari nilai X
tabel , menunjukkan bahwa semua data berdistribusi tidak normal dan dilanjutkan dengan uji
wilcoxon.
Hasil uji wilcoxon dari dua kelas antara kelas eksperimen di kelas VIII-J dan kelas
kontrol di kelas VIII-K diperoleh hasil W - hitung = 0 < W ? tabel = 126,25. Artinya, model
pembelajaran Jigsaw efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur
teks drama pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran
2022/2023